Minggu, 13 Juni 2010

Visual Basic .Net

Banyak orang bilang Visual Basic adalah pemrograman yang gampang dengan bahasa pemrogramannya yang mudah di mengerti. Banyak para programer yang menggunakan bahasa Visual Basic sebagai teman mereka dalam pembuatan program, mulai dari pembuatan program yang tergolong aplikasi kecil, menengah hingga aplikasi yang bisa dikatan besar. Seiring dengan perkembangan bahasa pemrograman, Microsoft mulai melakukan pemngembangan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 ke Visual Basic .Net yang telah berbasis .Net Framework. Dengan adanya pendukung .NetFramework ini para programer sudah tidak kesulitan lagi untuk mencari tools-tools tambahan agar aplikasi yang dibuat dengan Visual Basic 6.0 dapat berjalan dengan baik pada semua Sistem Operasi Windows (kalo g punya toolsnya gimana?), karena dengan adanya .NetFramework aplikasi / program yang dibuat dapat berjalan dengan normal pada semua Sistem Operasi Windows tanpa harus diinstal tools tambahan.


Perkembangan Visual Basic .Net sendiri sudah sampai pada Visual Basic .Net 2010 yang telah didukung dengan Microsoft .Net Framework 4.0, yang sebelumnya adalah Visual Basic .Net 2008 yang didukung dengan Microsoft .Net Framework 3.5, Visual Basic .Net 2005, 2003 dan 2002 yang masih didukung dengan .Net Framework 3.0 ke bawah.

Pasti rasanya sangat berat meninggalkan Visual Basic 6.0 yang sudah cukup dikenal sampai pada akar pemrograman, tetapi apa ia kita harus terus-terusan menggunkan bahasa pemrograman yang menurut banyak programer Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemrograman yang Jadul? pastinya tidak mau kan?

Tenang saja dan tidak usah khawatir dengan perubahan Visual Basic 6.0 ke Visual Basic .Net, karena Microsoft masih berbaik hati untuk tetap meningglakan syntax-syntax yang dahulu. Peubahan syntax yang dilakukan hanya menambahkan syntax-syntax / keyword baru. Pada Visual Basic .Net ini bisa saya katakan sebagai penggabungan dari beberapa bahasa pemrograman. Mengapa saya katakan demikian ?
Pada pemrograman java pasti anda mengenal syntax Class, Import, Try-Catch-End Try, pada Visual Basic .Net juga menggunakan keyword tersebut dan untuk Import sendiri pada Visual Basic .Net adalah Imports, Object Command pada Visual Basic 6.0, pada Visual Basic .Net adalah Button dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan dan perubahan yang diberikan oleh Microsoft.

Berikut ini adalah screen shot dari Visual Basic .Net
Halaman Awal Visual Basic .Net

Area Desain Form

Area Coding

Toolbox

Properties Window

Solution Explorer (menmpilkan file project yang digunakan)


Demikian artikel singkat yang dapat saya bagikan untuk anda yang ingin menggunkan Visual Basic .Net. Insya Allah saya akan bagikan artikel tentang Pemrograman Dasar Visual Basic .Net.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.

Mohon komentarnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan Komentar